Korupsi dan Ekonomi Indonesia

Korupsi adalah salah satu upaya atau tindakan untuk mengambil uang baik milik perusahaan maupun milik negara yang dapat merugikan. Secara umum, korupsi didefinisikan sebagai upaya memperkaya diri sendiri yang merugikan pihak lain.

Korupsi tentu bukan lagi menjadi kasus baru bagi bangsa kita, bangsa Indonesia. Seringkali korupsi menjadi penyakit masyarakat. Korupsi bukan hanya terjadi dalam pemerintahan semata, namun seringkali korupsi menjelma dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Namun, tanpa kita sadari, ternyata selama ini korupsi juga memberikan pengaruh terhadap kondisi perekonomian bangsa Indonesia. Seringkali angka perekonomian Indonesia terhambat akibat kasus korupsi. Dimana banyak elit politik yang melakukan korupsi dan merugikan kondisi keuangan negara.

Kondisi perekonomian yang buruk pun memberikan pengaruh terhadap kondisi kehidupan bangsa dan negara. Dimana, harga-harga kebutuhan pokok semakin meningkat, dan kondisi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat semakin turun. Yang nantinya tentu akan memberikan imbas dimana angka kriminalitas semakin tinggi dan kondisi masyarakat miskin pun meningkat.

Akar permasalahan dari korupsi seperti yang kita ketahui, memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan bangsa. Namun, terkadang masyarakat seringkali bersikap apatis atau tidak peduli terhadap kondisi ini. Dimana mereka merasa bahwa hal ini tidak memberikan dampak apapun terhadap diri mereka. Namun, tanpa disadari, secara perlahan korupsi menggerogoti kesejahteraan dan kemakmuran mereka. Karena itu, kiranya masyarakat dapat berperan serta melawan dan menjauhi segala hal yang berhubungan dengan korupsi. Agar kiranya moral bangsa dapat terpulihkan dan perekonomian bangsa kita, bangsa Indonesia dapat merangkak ke atas.

Kebijakan pemerintah terhadap para koruptor pun harusnya semakin tegas, agar semakin banyak orang yang jera melakukan tindakan korupsi dan berusaha untuk hidup jujur. Khususnya terhadap para elit politik negeri ini, seringkali mereka membangun suatu stereotipe dimana korupsi bukanlah hal yang jahat dan mereka yang diadili cenderung bersikap santai tanpa adanya penyesalan dalam diri. Hal ini tentu membuat kita sebagai masyarakat menjadi prihatin dan mendapatkan dampak negatif terhadap kondisi perekonomian bangsa kita, bangsa Indonesia.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required