Jenis Bisnis Yang Diperkirakan Mengalami Fluktuasi di 2016

Jika berbicara tentang dunia ekonomi, tentunya hal tersebut tidak akan lepas dari dunia bisnis yang ada di masyarakat. Seperti yang sudah diketahui oleh banya orang ada beberapa jenis bisnis yang diperkirakan akan mengalami fluktuasi cukup siginikan baik dalam hal penjualan maupun pembelian. Jenis bisnis tersebut antara lain:

Otomotif

Semua orang pastinya membutuhkan sarana transportasi yang memadai untuk menunjang aktivitas maupun produktivitasnya di dunia kerja. Hal tersebut secara tidak langsung mendorong fluktuasi penawaran maupun permintaan yang terjadi pada dunia otomotif. Meski tidak berhubungan dengan indeks mata uang Dollar, namun pembelian sarana transportasi seperti mobil dan motor diperkirakan akan mengalami sedikit penurunan di tahun 2016 mengingat daya beli beberapa kalangan yang masih cukup rendah.

Gadget

Sektor bisnis lain yang diperkirakan akan mengalami fluktuasi atau ketidakstabilan adalah gadget atau alat telekomunikasi. Meski alat telekomunikasi seperti handphone dan tablet menjadi salah satu sarana utama untuk menunjang telekomunikasi, namun keberadaan gadget canggih umumnya tidak begitu diperlukan di kalangan menengah kebawah dan hal inilah yang dimungkinkan akan memicu penurunan pembelian gadget. Selain itu, inovasi yang tdak cukup signifikan dari perkembangan gadget dari tahun ke tahun juga menjadi alasan beberapa orang untuk tidak membeli gadget.

Elektronik

Sektor serupa dengan gadget yang diperkirakan sepi peminat adalah sektor elektronik. Ada banyak faktor yang dianggap sebagai pemicunya, mulai dari melemahnya daya beli masyarakat karena kesejahteraan ekonomi yang menurun hingga harga yang berkaitan dengan nilai tukar Dollar terhadap Rupiah. Anggapan bahwa elektronik termasuk barang sekunder yang tidak perlu dibeli terlalu sering juga membuat perkiraan pembelian elektronik di tahun 2016 ini akan menurun.

Perhiasan

Sektor jual beli yang tergolong sebagai investasi dan dimungkinkan juga mengalami penurunan adalah sektor perhiasan, khususnya emas. Melemahnya daya beli masyarakat karena ekonomi yang tidak stabil membuat kebutuhan akan emas juga belum terlalu dipentingkan oleh masyarakat, terkecuali ketika nilai tukar rupiah juga terus mengalami fluktuasi yang mendekati angka stabil dan meningkatkan daya beli masyarakat.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required