Usaha Perumahan Subsidi Tahun 2016 Mendatang

Kemunculan serta pembangunan bisnis perumahan atau properti di Indonesia terus meningkat, mulai dari tiga belas koma lima juta sampai dengan lima belas juta. Hal ini sejalan dengan tingkat urbanisasi yang memang terus membesar tiga koma empat juta setiap tahunnya, membuat mereka membutuhkan rumah setidaknya delapan ratus ribu sampai sembilan ratus ribu unit setiap tahunnya. Tetapi pemerintah Indonesia kenyataannya hanya bisa memenuhi sekitar empat ratus ribu atau separuhnya dari semestinya. Pihak-pihak yang turut serta dalam proyek ini antara lain bidang Pembiayaan Perumahan, kemudian pihak Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat.

Program Sejuta Rumah dalam hal ini mempunyai target utama antara lain membuat atau membangun 1 juta unit rumah setiap tahunnya bagi masyarakat Indonesia tanpa terkecuali agar memilki hunian layak. Adanya kerjasama baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta seluruh rakyat Indonesia sungguh diharapkan agar proyek pembangunan perumahan rakyat dapat terselenggara dengan baik. Dengan pemerataan rumah hunian maka diharapkan bisa memangkas adanya kesenjangan sosial yang ada.

Rencana pihak penyelenggara perumahan bersubsidi rakyat nantinya akan dibagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. 40 % bagian akan diperuntukkan bagi rakyat yang benar-benar tidak memiliki rumah, dalam hal ini dari segi ekonomi kurang mampu.
  2. Kelompok kedua sebanyak 40 % rumah bagi mereka yang sebenarnya mampu serta bisa membeli sebuah rumah, namun masih membutuhkan bantuan. Dengan bantuan pemerintah serta kemudahan-kemudahan yang diberikan, bisa meningkatkan kemampuan serta kapasitas daya beli akan properti atau perumahan.
  3. Kelompok ketiga dengan jatah sebesar 20 % diperuntukkan bagi masyarakat yang memang mampu membeli hunian rumah tanpa ada bantuan dari pihak pemerintah.

Beberapa permasalahan dalam pengadaan perumahan rakyat ini antara lain harga tanah yang terus naik, ijin mendirikan bangunan, fasilitas serta infrastruktur, dan tingginya harga bahan bangunan serta tenaga kerja.

Dana untuk subsidi rumah tahun 2016 dijamin aman oleh pemerintah. Harga rumah dijamin tetap aman jkarena tidak mengalami peningkatan tajam dan bisa meringankan masyarakat luas dalam melakukan pembelian rumah sebagai hunian ataupun investasi.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required