Cara Penanaman Kelapa Sawit yang Benar

Cara penanaman kelapa sawit ialah beberapa langkah yang benar untuk menanam pohon kelapa sawit dengan benar. Melakukan penanaman pohon kelapa sawit memang memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan menanam beberapa jenis tanaman lain. Kelapa sawit ternyata membutuhkan penanganan khusus dalam proses penanamannya agar hasil yang didapatkan dapat mencapai jumlah maksimal.

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi terbesar yang dihasilkan di Indonesia. Di beberapa bagian di Indonesia, kelapa sawit bahkan juga menjadi mata pencaharian utama warga, untuk kemudian hasilnya dijual kepada beberapa perusahaan besar yang siap mengolah hasil pertanian tersebut. Berikut ini merupakan cara penanaman kelapa sawit yang benar agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Membuat Lubang Penanaman dan Mengatur Jarak yang Tepat

Langkah pertama adalah membuat lubang-lubang untuk menanam kelapa sawit. Lubang-lubang tersebut akan berguna untuk menanam pohon kelapa sawit yang sebelumnya telah diberi lapisan pada bagian akarnya, agar hama tikus tidak menyerang pohon kelapa sawit tersebut.

Setelah membuat lubang-lubang penanaman, Anda juga harus memastikan bahwa jarak antara lubang yang satu dan lubang yang lainnya cukup dan tidak menyebabkan pohon-pohon tersebut akhirnya bertabrakan dikemudian hari. Jarak yang disarankan adalah antara 9 x 8 meter untuk setiap lubang agar aman untuk ditanami pohon kelapa sawit dengan jangka yang cukup panjang.

Menetralkan PH Tanah

Setelah Anda selesai dengan urusan membuat lubang penanaman dengan jarak yang tepat, maka kini menetralkan ph tanah dengan menggunakan beberapa jenis pupuk juga wajib menjadi perhatian tersendiri karena ph tanah akan menentukan kesuburan pohon kelapa sawit nantinya. PH yang disarankan adalah netral, yang artinya tanah yang digunakan untuk menanam tidak boleh terlalu asam, namun tidak juga yang memiliki sifat basa.

Apabila ph tanah tidak dalam kondisi netral dan subur, maka dikhawatirkan pohon kelapa sawit tidak akan bertahan lama hingga akhirnya siap untuk dipanen. Cara penanaman kelapa sawit yang benar sebaiknya dimengerti oleh semua orang yang akan memulai proses penanaman komoditi dengan nilai jual yang sangat tinggi ini.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required