Tahukah Anda Apa Itu Teknologi BTS?

Di era teknologi tanpa kabel atau wireless seperti sekarang ini, teknologi BTS sangat diperlukan. Apa itu teknologi bts? BTS merupakan singkatan dari Base Transceiver Station adalah teknologi yang bisa menghubungkan alat komunikasi melalui jaringan menuju jaringan lain. Perlu diakui bahwa keberdaan BTS ini sangat penting karena dengan adanya teknologi ini satu daerah bisa terhubung dengan daerah lain. Beberapa BTS dikontrol oleh satu BSC (Base Station Controller) yang dihubungkan dengan koneksi serat optik maupun microwave.

Awalnya teknologi bts ditemukan oleh dua ilmuwan asal Korea yang bernama Seong Ik Park dan Hae Sik Kim. Kemudian mereka mempatenkan penemuan mereka tersebut dengan bantuan dari Hyundai Electronics pada akhir 1999.

Karena sifatnya sama-sama sebagai pengirim dan penerima informasi, BTS sama seperti handphone yang juga disebut transceiver. Ketika BTS mengirimkan informasi kepada handphone, handphone juga bisa mengirimkan informasi kepada BTS, saat itu juga pengiriman informasi bisa dilakukan secara bersama-sama, ibaratnya seperti telfon yang dapat mengobrol atau berbicara bersamaan. BTS berfungsi untuk menghasilkan sinyal radio gelombang elektromagnetik atau yang biasa disebut dengan jaringan. Pemerintah telah mengalokasikan frekuensi yang berbeda-beda kepada operator, oleh karena itu frekuensinya berbeda-beda antara operator satu dengan operator lain, mulai dari 450Mhz  sampai 1800 Mhz atau bahkan ada yang melebihi itu. BTS erat kaitannya dengan downlink dan uplink. Downlink merupakan komunikasi yang terjadi dari BTS ke pengguna. Sedangkan uplink adalah jalur frekuensi yang digunakan untuk mengirim informasi dari pengguna ke BTS.

BTS terdiri dari dua bagian utama yaitu tower dan shelter. Tower adalah menara pemancar untuk menghubungkan beberapa user equipment dengan jaringan. User equipment tersebut berupa komputer, ponsel, telepon WLL, dan semua perangkat wireless yang tersambung dalam jaringan tanpa kabel. Menara BTS telah dilengkapi dengan berbagai jaringan telekomunikasi seperti GSM, CDMA, WAN, WiFi, WLL, WiMAX, dan semacamnya. Sedangkan shelter BTS merupakan suatu tempat yang terdapat perangkat-perangkat telekomunikasi. Karena adanya ketergantungan antara fungsi shelter dan tower, biasanya letak shelter tidak jauh dari letak tower itu sendiri. Semakin berkembangnya zaman, teknologi bts juga semakin berkembang.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required