3 Teknologi Baterai Terbaru

Baterai adalah benda yang berfungsi sebagai sumber energi untuk berbagai jenis perangkat elektronik. Karena memiliki peranan yang penting, maka beberapa teknologi yang sedang dikembangkan saat ini adalah teknologi yang memungkinkan baterai untuk memiliki kapasitas yang tahan lama dan juga pemakaian baterai juga bisa dilakukan seefisien mungkin.

Dewasa ini, pemakaian teknologi Li-ion adalah salah satu jenis teknologi yang paling banyak digunakan pada berbagai jenis perangkat elektronik, salah satunya pada perangkat telepon genggam pintar. Selama ini, banyak pengguna telepon genggam pintar yang mengeluhkan daya tahan baterai yang kurang bertahan lama. Oleh karena itu, sekarang sedang dikembangkan sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon genggam pintar selama berhari-hari, pengembangan produksi mobil listrik, dan rumah yang memiliki kapasitas untuk menyimpan energi. Energi yang disimpan adalah energi yang berasal dari panel surya atau sumber lain yang berkaitan. Lalu penemuan seperti apa yang membuat baterai memiliki kapasitas yang lebih tahan lama? Berikut ini adalah ulasannya yang dilansir dari laman Phone Arena, Minggu (22/3/2015).

Lithium-sulfur (Li-S)

Teknologi Li-S adalah salah satu teknologi yang menjanjikan untuk daya tahan baterai yang lebih baik. Teknologi ini termasuk salah satu teknologi yang paling mudah digunakan karena harganya murah dan bisa dicapai dengan mudah oleh generasi baterai selanjutnya. Salah satu kelebihan dari teknologi Li-S adalah kepadatan energi yang mencapai lima kali lebih besar dari energi baterai yang dihasilkan dari Li-ion.

Porous Silicon Li-ion Batteries

Teknologi ini juga adalah salah satu teknologi yang bisa diandalkan karena bisa melepaskan ion  dengan cepat dan harga yang murah. Teknologi ini memungkinkan baterai untuk menyimpan daya hingga tiga kali lebih banyak dari baterai konvensional. Keunggulan lain dari teknologi ini adalah waktu pengisian baterai yang lebih cepat yaitu 10 menit saja.

Baterai Magnesium

Teknologi baterai magnesium adalah teknologi yang memiliki kepadatan energi mulai dari delapan sampai dengan dua belas kali lebih besar dari baterai lithium. Kelebihan lain yang ditawarkan dari teknologi ini adalah pemakaian baterai yang lima kali lebih efisien dari baterai konvensional. Hal ini disebabkan karena adanya ion magnesium didalam elektrolit yang memiliki muatan positif ganda. Muatan ini memiliki fungsi untuk mengangkat jumlah kepadatan energi yang disimpan secara keseluruhan.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required