Ketika Internet Menjadi Komoditas Penting

Untuk masyarkat modern, internet itu ibarat bahan pokok karena anda bisa keluar gedung atau suatu lokasi demi mendapatkan jaringan internet. Namun tahukah anda bahwa bisnis internet yang saat ini berkembang, mulanya dibuat karena insting bisnis sang pengusaha. Hal itu pula yang dipikirakan miliarder asal Jerman, Ralph Dommermuth yang awalnya merupakan sales komputer yang kini memiliki kekayaan hingga miliaran dolar dari bisnis internet karena keyakinannya jika suatu saat internet akan menjadi komoditas yang paling dibutuhkan.

Kerajaan bisnis

Dommermuth yang merupakan orang terkaya ke 45 dunia pada bidang teknologi serta terkaya ke 30 di Jerman ini, diperkirakan memiliki kekayaan mencapai US$ 4,4 miliar atau setara dengan Rp 64,66 triliun. Dommermuth yang berdudukan sebagai CEO di perusahaan miliknya, United Internet AG , yang menjadi salah satu provider internet terkemuka di Jerman bahkan di Eropa dengan pelanggan internet mencapai 47 juta akun yang tersebar di sebelas negara.

United Internet AG yang menyediakan layanan internet ini mengusung tiga merek andalan, yaitu 1&1, GMX serta WEB.DE. Setidaknya ada duabelas jenis produk yang dibuat United Internet berupa layanan internet, layanan email, web hosting, penyimpanan data, dan jasa pemasaran online. Dengan beragam produk serta layanan, United Internet terus berekspansi hingga ke luar benua Eropa. Di Benua Amerika sendiri United Internet sudah melahap pasar Amerika Serikat dan Meksiko.

Sejarah

Pria kelahiran 19 November 1963 ini, setelah lulus kuliah mengawali karier di dunia perbankan sebagai pegawai magang di Deutsche Bank. Karena tidak betah,  Dommermuth  akhirnya kembali ke kampung halaman. Tidak jauh dari kampung halamannya, di Montabaur, ia akhirnya bekerja sebagai tenaga penjual komputer, dimana pada masa itu  teknologi komputer baru saja booming. Kariernya di penjualan komputer terbilang sukses, sebab ia mampu mengumpulkan uang senilai US$ 285.000 dalam lima tahun bekerja.

Dari uang tabungannya itu di tahun 1988, Dommermuth mendirikan perusahaan 1&1 Internet AG bersama rekannya bisnisnya. Ia menjual jasa hosting atau pembuatan situs jasa internet, serta cloud atau komputasi. Pada saat mendirikan perusahaannya itu ia memiliki keyakinan bahwa suatu saat internet akan menjadi komoditas yang paling dibutuhkan setelah komputer. Kemudian perusahaan pun berkembang menjadi perusahaan pemasaran software.

Berbekal pengalaman sebagai mantan sales dan bankir, ia pun memanfaatkan jejaring bisnisnya dengan menggandeng  klien besar, seperti Deutsche Bank, IBM dan Compaq. Sejak setahun berdiri, 1&1 Internet AG langsung menonjol sebagai perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM) bidang perangkat lunak dan internet terbaik dari pemerintah Jerman. 1&1 Internet AG pun berubah nama menjadi United Internet AG di belasan tahun kemudian.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required