Bisnis Printing di Era Globalisasi

Era globalisasi yang sarat dengan kemajuan dari berbagai bidang, termasuk di bidang tekonologi. Teknologi yang makin maju ini mendorong bidang bidang lain untuk mengikutinya agar dapat digunakan sebagai pendukung dari kemajuan teknologi. Salah satu bidang bisnis yang dituntut untuk berinovasi adalah teknologi printing. Teknologi printing dapat mencakup banyak hal dapat berupa printing dalam media cetak, media labeling dan juga packaging. Namun kondisi bisnis printing saat ini sedang menurun drastis karena perkembangan di dunia digital. Akan tetapi bagaimana sesungguhnya kondisi bisnis teknologi ini?
menurut seorang pengamat dunia bisnis printing, dunia bisnis printing masih bertumbuh dan akan terus bertumbuh, meskipun dapat juga tergerus arus perkembangan teknologi digital tapi perkembangan dalam dunia bisnis printing dapat berkembang. Hal ini disebabkan perkembangan dunia industri dan perdagangan menyebabkan dunia periklanan, komunikasi dan promosi banyak dibutuhkan. Oleh karena itu media cetak masih sangat dibutuhkan. Dan justru perkembangan media digital akan membantu perkembangan dunia cetak bukan menghambatnya.

Dengan perkembangan teknologi dunia digital banyak batasan dari masa lalu yang bisa dilampauhi. Misalnya pada zaman dahulu ketika dunia digital belum begitu diperhatikan karena teknologi yang masih minim, mengharuskan kita untuk mencetak dalam jumlah minimal tertentu. Hal ini disebabkan karena adanya teknologi seadanya. Akan tetapi dengan perkembangan dalam teknologi media digital memperbolehkan kita untuk mencetak tanpa jumlah minimum.

Perkembangan teknologi pada dunia digital ini akan memberikan kemudahan bagi para pelaku media cetak. Perkembangan dunia digital juga memiliki banyak keuntungan karena segala ide dan kreatifitas dapat terwujudkan dalam bentuk cetak karena perkembangan teknologi kreatif bahkan ide tersebut dapat digunakan untuk melakukan kostumisasi pada bagian printing yang akan dilakukan.

Selain pembatasan jumlah produksi yang bisa di lampauhi dengan teknologi dunia digital, media cetak kini sudah bisa memiliki teknologi printing dengan model 3 dimensi. Teknologi 3 dimensi merupakan teknologi baru yang sedang banyak diperbincangkan. Akan tetapi belum banyak pihak dari bisnis media cetak yang mengembangkannya secara sungguh sungguh, akan tetapi bisnis media cetak 3 dimensi digadang gadang akan menjadi bab yang menarik dari teknologi media cetak masa depan.

0 comments

Write a Comment

Fields with * are required